WIDODO RADIATOR
Juni 28, 2012

Mesin Kijang LX Diesel Selalu Panas

Satu lagi pertanyaan masuk melelui email kami yang menanyakan tentang kijang diesel yang bermasalah pada radiatornya.

berikut petikan pertanyaan dan sekaligus jawaban dari saya,semoga bermanfaat juga buat teman” yang mungkin mengalami masalah yang sama.
 
Mobil saya Toyota Kijang LX Diesel tahun 2003, waktu macet, panas terik, AC hidup, temperatur mesin langsung naik dan pernah sampai air radiator tinggal sedikit.
Saya sudah berulang kali ke bengkel, servive radiator, ganti packing head, ganti tutup radiator, selang ke penampungan, cek water pump, tapi masalahnya belum juga teratasi….

setelah saya cermati ternyata berkurangnya air itu karena terlalu banyak air yang masuk ke tampungan/reservoir dan tidak bisa balik kembali ke radiator…
apalagi kalau pas pakai AC temperatur cepat sekali naiknya…
bahkan pernah saat overheat AC tidak saya matikan itu penampungan sampai meleduk….
Mohon berkenan memberikan masukan kira-kira penyebabnya apa.
Terima kasih.

jawaban
memang untuk kijang diesel agak sering bermasalah pada pendinginan.
itu di   karenakan tutup radiator yang menyatu dengan water outlet atas,sehingga tekanan water pump langsung menekan tutup radiator.jadi kalau tutup radiator sudah lemah per nya atau karet sudah pecah” tentu air akan langsung mengalir ke  penampungan. mengatasinya ya ganti tutup tentunya dengan spek yang sama.
itu penyebab pertama,penyebab selanjutnya radiator kotor,sehingga sirkulasi air tidak lancar atau debit air yang ke radiator jadi berkurang.mengatasinya ya harus service radiator.penyebab berikutnya thermostat. biasanya thermostat di lepas oleh Bapak” mekanik dengan dalih agar temperatur tidak cepat naik. sebenarnya ini kurang benar kalau untuk kijang diesel,kenapa??? karena kalau termostat di lepas air dari water pump akan sangat kencang sekali menyembur,dan akan menekan tutup radiator sangat kuat.ini juga menyebabkan air mengalir ke penampungan dengan cepat. mengatasinya jangan lepas termostatnya di modifikasi saja.
selain itu Biasanya hal ini terjadi kalau oli visco fan lama enggak diganti. Melakukan pengecekannya gampang kok, ketika mesin mati coba putar kipas pakai tangan kalau kipas terasa ringan diputar berarti visco fan suddah lemah kalau masih berat berarti masih bagus.

mungkin itu jawaban yang bisa saya berikan. seandainya teman” ada yang pernah ngalamin kasus demikian dan telah menemukan pemecahannya silahkan di tambahkan di kolom komentar. semoga tulisan ini bermanfaat buat teman” semua.

16 tanggapan untuk “Mesin Kijang LX Diesel Selalu Panas

  1. coba ganti sekalian dudukan tutup radiator ( sekaligus jadi rumah thermostat)sebab dari bahan alumunium cepat rusak & bocor halus dibibir atasnya. pakai imitasi cuma 55 rb an aja tuh dan tetap OK kijang diesel saya.JBU

  2. Mobil saya Toyota Kijang LSX Diesel tahun 2004, waktu macet, panas terik, AC hidup, temperatur mesin langsung naik dan pernah sampai air radiator tinggal sedikit, air itu karena terlalu banyak air yang masuk ke tampungan/reservoir dan tidak bisa balik kembali ke radiator
    Saya sudah berulang kali ke bengkel, servive radiator,ganti oli visco fan, tapi masalahnya belum juga teratasi….

    apalagi kalau pas pakai AC temperatur cepat sekali naiknya…baru 30 KM udah panas naik walaupun ac tidak di hidupkan…
    Mohon berkenan memberikan masukan kira-kira penyebabnya apa.
    Terima kasih.

  3. Sy setuju dgn solusi jawaban dr mas koonk dan mas ign suwandi. Punya sy kijang lgx diesel jg pernan mengalami air radiator yg selalu kurang karena air masuk ke reservoir atau penampungan air. Hal tersebut terjadi karna ada keropos pd leher atas tempat pengisian air radiator atau gampangnya biasa disebut dudukan tutup radiator. Hal ini yg menyebabkan air naik ke reservoir karna tekanan panas dan air tdk kembali lg ke radiator karna air didalam radiator berkurang dan tutup radiator gak bs bekerja yg disebabkan kurangnya air td. Simpelnya tutup radiator gak mau kerja karna tdk terkena tekanan air panas bila air radiator berkurang banyak. Ganti yg imitasi harga 55rb kalau di kota sy kota malang, tp agak getas bahannya. Punya sy tak ganti yg ori toyota harga 580rb. Utk termostart sy pakai punya honda accord atau jazz, dgn ukuran 78C hasilnya mantab temperatur turun jadi 1/4 dari aslinya yg 88C temperatur menunjukkan 1/2. Udah beberapa tahun ini hasilnya joss, mau macet,panas terik, atau berhenti total posisi ac dlm waktu 1jam lebih temperatur stabil tetap pd posisi 1/4. Pesan sy tetep selalu cek air radiator secara berkala meski mesin keadaannya normal, karna sensor suhu toyota kijang agak lemot bacanya. Meskipun air radiator berkurang sampai hampir 1liter tapi jarum temperatur msh menunjukkan tetep stabil. Sekian wassalam.

  4. Kijang krista saya overheat berarti bisa jadi karena tutup radiator nya ya…soalnya saya lepas radiator selang yg menuju penampungan/reservoir kalo saya nyalakan mesin pasti keluar airnya. Habis turun mesin juga gara2 overheat kemarin dibuat mudik…biaya turun mesin 13 jt…biyuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *